SEKILAS INFO
22-07-2024
  • Upgrade Storage ke SSD, Murah 350K Cuma di IT Care SMK TI
  • Mahir Komputer & Microsoft Office dengan smktistore.com
  • Komputer rusak atau lambat? ayo hubungi IT Care Kami!
  • smktistore.com Jual Program Kasir untuk Segala Usaha
  • Buat website cepat & murah di smktistore.com
17
May 2024
0

Singaraja, 15 Mei 2024 – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali menggelar sosialisasi literasi digital di Aula SMK TI Bali Global Singaraja. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya pelajar, tentang pentingnya literasi digital dalam era informasi yang semakin maju.

Ketua KPID Bali, Agus Astapa, hadir sebagai pembicara utama dalam acara tersebut. Dalam paparannya, Agus Astapa menekankan pentingnya literasi digital di kalangan generasi muda sebagai langkah untuk menghadapi tantangan dan peluang di dunia digital.

“Literasi digital tidak hanya tentang kemampuan menggunakan teknologi, tetapi juga tentang memahami dan mengkritisi informasi yang diterima, serta etika dalam bermedia sosial,” ujar Agus Astapa di hadapan ratusan siswa dan guru yang hadir.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WITA ini berlangsung interaktif dengan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber. Para siswa sangat antusias bertanya mengenai berbagai isu terkait penggunaan internet yang aman, privasi data, serta cara menangkal hoaks.

Selain itu, Agus Astapa juga membahas tentang peran KPID dalam mengawasi konten penyiaran dan pentingnya kerja sama antara berbagai pihak, termasuk institusi pendidikan, untuk menciptakan ekosistem digital yang sehat dan bertanggung jawab.

“Kita harus bersama-sama menjaga dan membangun literasi digital yang baik, agar generasi muda kita dapat menjadi pengguna teknologi yang bijak dan kritis,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMK TI Bali Global Singaraja, Ketut Widi Astawan, mengapresiasi inisiatif KPID Bali dalam mengadakan sosialisasi ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam memahami lebih dalam mengenai dunia digital yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, para siswa dapat lebih memahami pentingnya literasi digital dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks belajar maupun bersosialisasi,” ungkap Ketut Widi Astawan.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari pihak sekolah kepada Agus Astapa sebagai bentuk apresiasi atas ilmu dan wawasan yang telah dibagikan. Para peserta pun mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini dan berharap sosialisasi serupa dapat diadakan kembali di masa mendatang.

Dengan diadakannya sosialisasi literasi digital ini, diharapkan para siswa SMK TI Bali Global Singaraja dapat menjadi generasi yang lebih cerdas dan bijak dalam menghadapi era digital yang semakin kompleks.