SEKILAS INFO
18-07-2021
  • 3 bulan yang lalu / Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • 3 bulan yang lalu / Selamat hari raya Galungan dan Kuningan.
  • 3 bulan yang lalu / Dapatkan free uang gedung pada PPDB Gelombang 1.

SMK TI Bali Global Singaraja merupakan salah satu sekolah swasta di Kabupaten Buleleng yang bergerak di bidang IT. Sekolah dengan luas 20.905 m2  ini terletak di Jalan Pulau Timor, Nomor 24, Kelurahan Banyuning, Kabupaten Buleleng. Walau berstatus swasta, SMK TI telah terdaftar di satuan pendidikan nasional dengan NSPN: 50104205 dan telah terakreditasi B. SMK ini juga sudah bersertifikat ISO pada bulan Maret 2013 yang lalu.

SMK TI Bali Global Singaraja dipimpin oleh Ketut Widi Astawan, S.T., M.Pd. dengan jumlah pegawai saat ini adalah 11 orang, 9 guru, serta memiliki 241 orang siswa. Selama empat belas tahun berdiri, SMK TI telah memiliki empat kompetensi keahlian, yaitu Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, serta Rekayasa Perangkat Lunak.

Logo

, Profil SMK TI Bali Global Singaraja

Logo SMK TI Bali Global Singaraja terdiri atas gapura, buku, globe, warna gradasi biru, dan warna kuning dengan makna sebagai berikut.

Gapura

Menggambarkan identitas SMK TI Bali Global yang berasal dari Bali dengan suasana dan nuansa khas Pulau Bali (pulau seribu pura) yang sebagian besar  penduduknya  menjunjung tinggi nilai budaya, ramah-tamah, sopan santun, toleran, dan sangat dinamis.  

Buku

Menggambarkan ilmu pengetahuan sebagai dasar untuk mewujudkan cita-cita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

Lingkaran Merah

Menggambarkan satu kesatuan semangat dalam menghadapi banyaknya perubahan dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 

Globe 

Menggambarkan siap bersaing dalam perubahan dan dinamika pada dunia teknologi dan informasi yang berkembang seiring perkembangan zaman.

Warna Gradasi Biru

Melambangkan kesejukan dan kedamaian yang artinya bahwa segala perubahan dan dinamika yang terjadi harus terus diikuti dan dilalui dengan meminimalisasi akses negatif yang ditimbulkan.

Warna Kuning

Melambangkan keemasan yang artinya bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan adalah untuk mencapai suatu cita-cita, seperti pada zaman keemasan kerajaan-kerajaan dahulu di seluruh Nusantara

Visi Sekolah

Terpuji dalam pekerti, terdepan dalam disiplin, maju dalam kompetensi.

Misi Sekolah

  1. Mendidik, melatih dan membimbing siswa untuk menjadi seseorang yang kompeten dalam bidang teknologi informasi serta bertakwa kepada tuhan yang maha Esa.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama dengan  seluruh pihak yang terkait dengan berlandasan pada saling memberi manfaat.
  3. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif  dan menyenangkan  demi  keberhasilan proses belajar mengajar.
  4. Menjadi sekolah yang patut dibanggakan serta menjadi idaman para lulusan SMP di kota Singaraja khusus di provinsi Bali umumnya.
  5. Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler serta keterampilan lainya yang mendukung terjadinya lulusan yang berkualitas.
  6. Menjadi wadah yang menyenangkan bagi seluruh kompeten sekolah baik, guru maupun karyawan.

Sejarah Perkembangan SMK TI Bali Global SIngaraja

SMK TI Bali Global Singaraja didirikan oleh Yayasan Dana Punia Kabupaten Buleleng dan Yayasan Widya Dharma Santhi Denpasar. Sekolah ini mulai beroprasi pada tanggal 23 Maret 2007. Asal mula sekolah ini didirikan yaitu bertujuan untuk menyediakan wadah pendidikan bagi masyarakat sekitar yang ingin memperdalam ilmu di bidiang teknologi pendidikan informasi. Hal itu juga sejalan dengan perkembangan dunia waktu itu dan saat ini dimana teknologi informasi menjadi back bone-nya.

SMK TI Bali Global Singaraja merupakan salah satu bagian dari SMK TI Bali Global yang ada di Bali. Saat ini, sudah terdapat tujuh SMK TI Bali Global di Provinsi Bali. Mulai tahun 2008, leader group SMK TI telah melebarkan sayapnya untuk merangkul SMK yang tidak berbasis TI ke dalam group. Group tersebut dinamakan SMK Bali Global Group yang sampai saat ini beranggotakan tujuh SMK.

Mulai tahun 2010, pengelolaan SMK TI Bali Global Singaraja secara menyeluruh dikelola oleh Yayasan Dana Punia Buleleng. Dalam pengelolaan pendidikan, Yayasan Dana Punia sangat berkomitmen memajukan satuan pendidikan demi memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat sekitar. Tidak hanya itu saja, komitmen pendidikan diwujudkan dengan membantu banyak masyarakat yang kurang mampu sehingga dapat menempuh pendidikan di SMK TI Bali Global Singaraja.

Perkembangan sekolah dari awal didirikan hingga saat ini sangat signifikan. Ini adalah wujud komitmen bersama pengelola dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas. Fasilitas-fasilitas terus bertambah dan kualitasnya ditingkatkan. Konsep sekolah hijau berbasis alam sangat kental terasa.

Perkembangan Kompetensi Keahlian

Pada awal pendirian sekolah, SMK TI Bali Global Singaraja hanya memiliki satu kompetensi keahlian, yaitu Multimedia. Di tahun berikutnya, tepatnya tahun 2008, SMK TI membuka Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).  Kemudian, pada tahun 2013 SMK TI membuka kompetensi baru lagi, yaitu Akuntansi Komputer. Dan yang terakhir, SMK TI membuka Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kompetensi Keahlian RPL ini merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Kabupaten Buleleng.