SEKILAS INFO
23-10-2020
  • 3 bulan yang lalu / Semua informasi tentang pembelajaran akan diumumkan melalui website ini.
  • 3 bulan yang lalu / Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan mulai 13 Juli 2020.
  • 3 bulan yang lalu / Selamat Hari Pagerwesi, semoga Tuhan memberkati kita semua.
18
Jul 2020
0

SMK TI – Mengetik 10 Jari dikenal dengan istilah Typing Skill di SMK TI dan Touch Typing adalah istilah internasionalnya. Teknik ini adalah teknik mengetik dengan mamanfaatkan semua jari (10 jari) tanpa melihat keyboard. Teknik mengetik ini sangat familiar di dunia barat, tetapi belum cukup familiar di Indonesia.

Teknik mengetik 10 jari bukanlah suatu kewajiban untuk kita yang akan mengoperasikan atau bekerja pada komputer. Bahkan semua orang akan bisa mengetik menggunakan keyboard asalkan sudah mengetahui huruf-huruf. Namun teknik ini akan menjadi sesuatu yang mempercepat kerja kita dalam bekerja dan membuat kita tidak cepat lelah bekerja di komputer.

Belajar mengetik 10 jari itu gampang-gampang susah. Untuk mempelajari, biasanya dibutuhkan sebuah komputer. Pembelajaran dimulai dari teknik dasar hingga melakukan latihan berulang-ulang.

Bagaimana jika tidak memiliki komputer? tentu hal ini menjadi halangan tersendiri bagi kita. Namun dengan teknologi yang berkembang saat ini, hal tersebut dapat diatasi dengan syarat kita memiliki smartphone yang terkoneksi internet.

Untuk menggunakan smartphone sebagai sarana latihan mengetik 10 jari, kita membutuhkan konektor tambahan yang disebut OTG. Dengan konektor itulah kita menghubungkan smartphone dengan keyboard, sehingga dengan perpaduan alat tersebut kita dapat berlatih mengetik 10 jari layaknya menggunakan komputer. Berikut disajikan gambar alat-alat yang dibutuhkan dan perkiraan harganya.

smk ti, smkti

OTG dan Keyboard dapat dibeli di toko-toko komputer atau smartphone terdekat. Pastikan juga smartphone yang dimiliki support OTG. Terdapat beberapa jenis tipe smartphone dengan setting yang berbeda-beda. Ada smarphone yang sudah langsung dapat mengenali/menggunakan OTG, ada pula smartphone yang perlu mengaktifkan fungsi OTG nya.

Untuk lebih memaksimalkan hasil belajar mengetik 10 jari, keyboard yang dimiliki ada baiknya dihilangkan tulisannya sehingga dengan demikian kita dipaksa 100% untuk belajar mengetik 10 jari. Beberapa cara menghilangkan tulisan yaitu dengan menempelkan sesuatu (isolasi, stiker) di atas tombol atau melakukan pengecatan dengan pilox atau cat sejenisnya.

Belajar mengetik 10 jari itu layaknya belajar bermain gitar, sekali saja seseorang bisa maka selamanya akan bisa. Tantangan yang biasanya dihadapi oleh siswa adalah kebosanan dan rasa tidak sabar.

Demikian artikel ini dapat dibuat, semangan selalu buat adik-adik di SMK TI Bali Global Singaraja. SMK BISA. KALIAN BISA>