SEKILAS INFO
28-05-2020
  • 4 hari yang lalu / Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H
  • 3 minggu yang lalu / Klik daftarsmkti.online untuk pendaftaran online.
  • 3 minggu yang lalu / Peduli masa darurat covid-19, pendaftaran bebas uang gedung, berlaku hingga 13 Mei 2020.
22
May 2020
0

Written by Adelia, XI Akuntansi

Salam cerdas berkarakter!

Hallo teman-teman stiballover, kami ingin membagikan informasi tentang bagaimana membuat grafik dengan mudah dan cepat di Microsoft Excel. Tahukah kalian apa itu Microsoft Excel? Menurut Wikipedia Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac Os yang berfungsi untuk mengolah angka atau data.

Sebagai informasi tambahan, microsoft excel yang temasuk dalam jenis aplikasi Spreadsheet adalah aplikasi utama yang diajarkan di Jurusan Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja. Jadi semua siswa akuntansi sudah familiar dengan aplikasi ini.

Kembali ke topik bahasan, membuat grafik di Excel terkadang masih membingungkan untuk beberapa orang. Namun dengan Microsoft Excel semuanya akan menjadi mudah dan efisien. Supaya kalian tidak bingung lagi, berikut disajikan cara membuat grafik dengan mudah dan cepat. Ikuti baik-baik ya teman-teman semua.

Skenarionya kita akan membuat grafik dari sebuah tabel nilai. Misalnya kita mempunyai tabel nilai Matematika Kelas XI Akuntansi. Untuk membuat grafik dengan cepat dan mudah ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buat data dan grafik. Setelah aplikasi diaktifkan, buat tabel seperti gambar dibawah ini. Setelah data siap, blok kolom data yang digunakan oleh grafik. Pada contoh ini kita pilih kolom C.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

 

Kemudian pilih menu Insert, lalu pilih jenis grafik yang akan digunakan pada group Chart. Misalnya grafik 2-D Column, maka akan muncul grafik yang kita buat.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

 

 

Selanjutnya kita bisa memilih type dan warna grafik yang akan ingin kita gunakan.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

Kedua, buat label grafik. Angka 1, 2, 3 sampai 6 disetiap batang grafik tentu membingungkan. Ada baiknya kita ganti dengan nama siswa sehingga mudah kita membaca grafik. Bagaimana caranya? Klik grafik yang sudah dibuat, lalu klik menu Design pada group Data, klik Select Data sehingga muncul seperti gambar berikut ini.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

 

 

Klik tombol Edit pada Horizontal (Categori) Axis Labels lalu klik Select Range maka akan muncul tampilan lagi berikut.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

Pada gambar diatas, klik tombol yang ada panah merah, lalu pilih data dengan melakukan drag pada data yang akan digunakan, misalnya data nama siswa pada kolom B. lalu klik Ok. Sampai langkah ini, tampilan grafik akan menjadi seperti berikut.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

 

 

Ketiga, buat judul grafik. Untuk lebih menyempurnakan grafik, beri judul grafik dengan cara klik grafik lalu pada menu Layout pilih icon Chart Title. Pilih salah satu style judul yang kita inginkan lalu beri judul grafik kita.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

 

Keempat, buat labels grafik. Agar informasi grafik dapat dibaca dengan baik, tambahkan label pada batang grafik. Pilih menu layout à Data Labels, pilih style data label yang diinginkan sehingga grafik menjadi seperti gambar dibawah ini.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

 

Sampai disini kita sudah bisa membuat grafik sederhana yang mudah dibaca. Tutorial ini dibuat menggunakan Microsoft Excel 2016. Silahkan teman-teman mencobanya.

Sebagai penutup, dapat kita rangkum langkah-langkah pembuatan grafik yaitu:

  1. Membuat grafik
  2. Membuat label grafik
  3. Membuat judul atau title
  4. Membuat label data pada batang grafik

Demikian informasi ini dapat saya sharing, semoga bermanfaat, atas kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.