SEKILAS INFO
28-05-2020
  • 4 hari yang lalu / Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H
  • 3 minggu yang lalu / Klik daftarsmkti.online untuk pendaftaran online.
  • 3 minggu yang lalu / Peduli masa darurat covid-19, pendaftaran bebas uang gedung, berlaku hingga 13 Mei 2020.
21
May 2020
0

Salam Cerdas Berkarakter! Kami dari SMK TI Bali Global Singaraja akan menyajikan artikel tentang membangun jaringan sederhana menggunakan perangkat yang ada disekitar kita.

Jaman semakin modern, peralatan elektronik semakin canggih dan memiliki fungsi yang sangat banyak. Hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan membangun jaringan komputer skala kecil. Selain praktis, konfigurasinya pun mudah.

Beberapa permasalahan yang dapat kita pecahkan dengan cara ini antara lain:

  • Sharing file dan sharing printer dengan komputer lain
  • Berbagi koneksi internet dengan device lain
  • Jika anda seorang guru disekolah, cara ini bisa digunakan untuk menginput e-raport atau dapodik secara bersama-sama dengan maksimal 5 komputer client.

 

Secara normal skema jaringan wireless biasanya seperti dibawah ini.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

Pada skema diatas, digunakan Wireless Accest Point (WAP) sebagai terminal jaringan. Ini adalah perangkat ideal yang digunakan untuk membangun jaringan wireless. Jika ingin membangun jaringan seperti diatas, maka kita perlu menginvestasikan uang untuk membeli WAP. Harga sebuah WAP bervariasi dari yang termurah Rp. 190.000 sampai jutaan. Tentunya semakin mahal suatu perangkat biasanya memiliki kinerja yang semakin baik.

Inti dari artikel ini adalah, bagaimana membangun jaringan wireless sederhana dengan memanfaatkan peralatan yang kita miliki. Sehingga skema jaringan yang dapat kita buat seperti di bawah ini.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

Pada skema tersebut, kita memanfaatkan smartphone sebagai terminal jaringan pengganti WAP. Seperti yang kita tau, hampir semua orang saat ini memiliki smartphone. Hal ini tentu sangat praktis dan mudah diimplementasikan.

Langkah-langkah dalam membuat jaringan ini adalah:

  1. Aktifkan tathering atau hotspot yang ada pada smartphone
  2. Setting SSID, password dari tathering tersebut. SSID kepanjangan dari Service Set Identifier, merupakan identitas atau nama yang diberikan pada wifi kita. Untuk password biasanya minimal 8 karakter.
  3. Hubungkan semua device dengan mencari dan memilih SSID yang telah dibuat.
  4. Lakukan apa tujuan dari membuat jaringan ini seperti sharing printer, sharing file.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara setting tathering di HP Samsung A20s.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja

Troubleshooting permasalahan

Dalam membangun jaringan komputer baik skala besar atau kecil, biasanya ada saja beberapa permasalahan yang mungkin terjadi. Tentunya ini akan menjadi penghambat yang cukup berarti apalagi bagi pemula. Beberapa permasalahan yang mungkin timbul antara lain:

  1. Client tidak terhubung ke terminal (smartphone). Untuk mengatasi hal ini, pastikan SSID yang dibuat telah ditemukan dan password yang diinput password benar. Perhatikan huruf besar(capital), huruf kecil dan tanda baca yang digunakan dalam password. Perhatikan juga jumlah device atau client yang telah terhubung. Biasanya suatu tathering smartphone hanya mampu melayani 5 client dalam sekali waktu.
  2. Sesama client tidak saling terhubung. Jika client telah terhubung ke jaringan namun tidak dapat terhubung ke client lain, maka cek dahulu setting pengaman atau firewall pada device. Jika firewalll ON, maka nonaktifkan firewall dengan memilih OFF. Untuk pengecekan lebih mendalam, kita dapat mengamati IP Address yang diberikan oleh terminal jaringan. Apakah IP Address kedua client berada pada jaringan/network yang sama.

Cara diatas tentunya memiliki kelemahan dibandingkan kita menggunakan alat yang digunakan khusus untuk membangun jaringan komputer. Namun untuk pekerjaan skala kecil hal tersebut sangatlah membantu baik dari segi kemudahan ataupun biaya.

Hal seperti ini adalah materi tambahan diajarkan pada siswa jurusan Akuntansi di SMK TI Bali Global Singaraja. SMK TI menambah muatan kurikulum untuk jurusan akuntansi agar memiliki kemampuan dalam membangun dan mengimplementasikan hal-hal sederhana terkait teknologi informasi.

Semoga informasi ini bermanfaat. Salam dari saya Ketut Widi Astawan.