SEKILAS INFO
28-09-2020
  • 2 bulan yang lalu / Semua informasi tentang pembelajaran akan diumumkan melalui website ini.
  • 2 bulan yang lalu / Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan mulai 13 Juli 2020.
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Hari Pagerwesi, semoga Tuhan memberkati kita semua.

, Sejarah Sekolah

Sejarah SMK TI Bali Global Singaraja

SMK TI Bali Global Singaraja didirikan oleh Yayasan Dana Punia Buleleng dan Yayasan Widya Dharma Santhi Denpasar. Sekolah tersebut didirikan tahun 2007. SMK TI Terletak di kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng. Secara geografis terletak dipinggir kota namun dapat diakses dengan cepat dari pusat kota.

Tujuan pendirian sekolah ini yaitu untuk menyediakan wadah pendidikan bagi masyarakat sekitar yang ingin memperdalam ilmu di bidang teknologi informasi. Hal itu juga sejalan dengan perkembangan dunia waktu itu dan saat ini dimana teknologi informasi menjadi back bone-nya.

Perkembangan Kompetensi Keahlian
Pertama berdiri SMKTI hanya memiliki satu jurusan atau kompetensi keahlian yaitu Multimedia. Satu tahun kemudian SMK TI menambah satu jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. Beberapa tahun kemudian SMK TI mendirikan jurusan Akuntansi Komputer. Dan terakhir, tahun 2019/2020 SMK TI mengembangkan lagi jurusan baru yaitu jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL. Khusus jurusan RPL, jurusan ini merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Buleleng.

SMK TI Bali Global Singaraja adalah salah satu dari SMK TI Bali Global yang ada di Bali. Sampai saat ini sudah terdapat SMK TI Bali Global yang ada di Provinsi Bali. Mulai Tahun 2018 leader group SMK TI melebarkan sayap dengan merangkul SMK yang tidak berbasis TI ke dalam group. Group tersebut dinamakan SMK Bali Global Group yang sampai saat ini beranggotakan tujuh SMK.

Mulai tahun 2010, pengelolaan SMK TI Bali Global Singaraja secara menyeluruh dikelola oleh Yayasan Dana Punia Buleleng. Dalam pengelolaan pendidikan, Yayasan Dana Punia sangat berkomitmen memajukan satuan pendidikan demi memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat sekitar. Tidak hanya itu saja, komitmen pendidikan diwujudkan dengan membantu banyak masyarakat kurang mampu sehingga dapat menempuh pendidikan di SMK TI.

Perkembangan sekolah dari awal didirikan hingga saat ini sangat signifikan. Ini adalah wujud komitmen bersama pengelola dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas. Fasilitas-fasilitas terus bertambah dan kualitasnya ditingkatkan. Konsep sekolah hijau berbasis alam sangat kental terasa.