SEKILAS INFO
27-09-2020
  • 2 bulan yang lalu / Semua informasi tentang pembelajaran akan diumumkan melalui website ini.
  • 2 bulan yang lalu / Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan mulai 13 Juli 2020.
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Hari Pagerwesi, semoga Tuhan memberkati kita semua.
27
May 2020
0

SMK TIEnglish Everyday Program. Adalah pembelajaran dan pembiasaan belajar Bahasa Inggris setiap hari dengan cara yang menyenangkan. Program ini difokuskan pada kemampuan berbicara (speaking). Konsep utama dari program ini adalah belajar Bahasa Inggris menyenangkan, sehingga tidak membuat siswa takut dan stres.

belajar bahasa inggris menyenangkan, english everyday, Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan di SMK TI dengan English Everyday

SMK TI Bali Global Singaraja atau yang sering dikenal dengan nama SMK TI Global merupakan SMK yang berfokus pada pemberian kompetensi di bidang Teknologi Informasi (TI) bagi para peserta didiknya. Sebagai sekolah berbasis TI, apalagi berada di Bali yang notabene merupakan daerah tujuan wisata dunia, SMK TI Bali Global Singaraja melihat adanya urgensi untuk memberikan kompetensi berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris kepada seluruh warga sekolah tanpa terkecuali. Urgensi ini melahirkan sebuah program “English Everyday” yang dilaksanakan setiap hari aktif di sekolah. Program ini juga merupakan pelengkap bagi Mata Pelajaran Bahasa Inggris di kelas.

English Everyday berfokus pada mengasah kemampuan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Yang ingin dibiasakan terlebih dahulu adalah berbicara dalam Bahasa Inggris terlepas dari benar atau tidaknya struktur maupun aturan yang seharusnya diikuti. Poin pentingnya adalah lawan bicara mengerti dengan apa yang disampaikan. Program ini bercermin pada kemampuan masyarakat di daerah-daerah pariwisata yang mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris tanpa mengikuti program Pendidikan Bahasa Inggris secara khusus. Mereka hanya berbekal kemauan dan ketekunan yang kuat. Wisatawan adalah gurunya dan daerah pariwisata itu sendiri adalah tempat praktiknya. Dengan membiasakan diri untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris, mereka dapat mengerti dan berkomunikasi dengan wisatawan tanpa canggung. Metode yang sama dilakukan karena pada umumnya orang takut untuk melakukan kesalahan terutama pada penggunaan struktur kalimat dan “tenses” sehingga ia tidak mau berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Kesalahan-kesalahan yang ada, nantinya akan diperbaiki secara perlahan.

Secara garis besar, English Everyday terdiri dari empat kegiatan yang saling bersinergi. Empat kegiatan tersebut, antara lain:

  • English Class yang dilaksanakan di kelas masing-masing sebelum pembelajaran utama berlangsung untuk membiasakan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan teman 1 kelas.
  • English Day yang dilaksanakan 2 kali dalam seminggu (Selasa dan Jumat) sebagai ajang praktik berkomunikasi langsung antar warga sekolah menggunakan Bahasa Inggris.
  • English Online yang dilaksanakan menggunakan e-learning di luar jam sekolah sebagai tindak lanjut dari “English Class” untuk mengasah serta memantapkan kemampuan berbahasa Inggris di rumah.
  • English Camp yang dilaksanakan 2 kali dalam 1 semester untuk menyegarkan kembali dasar-dasar berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan cara yang santai dan menyenangkan.

Melalui program ini, SMK TI secara serius mempersiapkan siswanya dengan kompetensi yang unggul dipadukan dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik agar mampu bersaing nantinya. Terlebih lagi secara mayoritas siswa berasal dari Bali yang merupakan destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia.

Demikianlah pemaparan kami tentang English Everyday Program. Terima kasih.